03
Dec
07

Orang yang tak berarti….

ta016.jpg

Aku terus melangkah menyusuri jalan ini, menjalani waktu sekaligus mencapai sesuatu entah apa aku pun tak tahu. Jalan yang penuh sampah dan berbatu. Menyulitkan aku untuk maju selangkah demi selangkah. Menyurutkan niatku untuk tetap bertahan. Melantunkan lagu kematian yang terus menekan aku. Membebani kedua kakiku yang sudah terlalu lelah ini. Seolah ada tangan-tangan yang menahan dan membebaninya. Namun, sudah kutetapkan hati untuk terus melangkah. Kubulatkan tekad untuk terus berjalan dan menjalani hidup ini. Walau jalan yang kulalui ini dianggap sebelah mata oleh banyak orang. Nista dan cemoohan sudah biasa bagiku. Kuanggap saja angin lalu. Anjing menggonggong kafilah berlalu.

Mungkin banyak orang sepertiku yang tidak tahan menyusuri jalan ini. Keterbatasan membuat segala sesuatu di sini ibarat penjara yang mengekang segala aspek kehidupan. Bahkan kau tidak diberi ruang untuk sedikit bernafas. Tak ada cahaya yang membimbingmu. Kau Cuma dianggap sampah masyarakat. Kecoa jalanan yang dihinakan dan harus terus berjuang untuk tetap hidup. Anjing kumal yang membuat orang bergidik dan ingin meludahimu. Kutu berengsek yang ingin dibunuh dan diseret dalam ketidakadilan. Orang-orang itu menganggap kami ini sebagai kambing hitam yang selalu disalahkan dengan alasan pembenaran. Hukum bagi kami adalah ketidakadilan bagi kami tetapi suatu keuntungan bagi mereka yang berkuasa. Keadilan bagi kami ibarat mimpi di siang bolong. Hukum diperjualbelikan seenaknya. Jual beli pembenaran dan kesalahan sudah biasa di sini. Hukum tak lagi nyata bagi kami. Tak ada konsistensi di dalamnya. Penegakan hukum hanya sebuah teori dalam kondisi yang ideal, tidak dalam hidup ini. Kau salah maka kau benar. Kau benar maka kau salah. Pemutarbalikkan fakta bukan hal asing lagi. Hukum cuma ditafsirkan secara sempit, artinya orang yang lemahlah yang menjadi korbannya. Hukum tanpa penghakiman dari orang-orang yang jujur ibarat kayu yang sudah keropos dimakan rayap.

Aku adalah orang yang lahir dari kesalahan sistem dan yang menjalankannya. Sistem ini sengaja dibuat berliku-liku tetapi mudah sekali dibobol oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Sistem tanpa adanya unsur pengawasan dan orang-orang keparat yang menjadikan sistem ini sebagai alat mereka untuk mengeruk kekayaan. Korupsi, kolusi, nepotisme, premanisme, anarkisme, di mana-mana tanpa pernah merasa malu mereka melakukannya. Mereka tenang saja menjalani semuanya, karena hukum Cuma dijadikan aturan pakai. Ibarat macan ompong yang sudah renta dimakan usia. Hukum Cuma jadi mainan yang tak berarti. Tak Cuma mereka, para pejabat, politisi, dan pemimpin pun cuma cari sensasi. Panggung sandiwara yang gemerlap dan Cuma peran masing-masing tokoh saja yang berganti. Bersembunyi di balik topeng bernama kesederhanaan dan kedermawanan. Menjadikan negeri ini semakin bobrok saja.

Aku tetap berjalan tanpa mau mempedulikan semua ini. Toh, aku sudah tak berarti lagi bagi mereka. Aku sudah dianggap sampah oleh mereka. Mereka tidak akan mau mendengar ungkapan keluh kesah dari orang-orang yang tak berarti sepertiku ini. Aspirasi dariku cuma sekedar obrolan santai dan janji kosong bagi mereka. Telinga mereka terganjal oleh kepentingan mereka sendiri. Suara-suara masyarakat kecil Cuma menjadi bahan omongan pengisi waktu luang. Mereka lupa janji-janji mereka saat dulu dipilih. Janji yang bagiku, bagi kami sampah masyarakat yang dulu sempat memberikan asa. Namun, kini asa itu telah habis.

Tak terasa jalan yang kulalui ini sudah cukup panjang. Cukup lama aku berjuang dan terus berjuang untuk keluar dari jalan ini. Mencoba bertahan hidup dari asa yang masih tersisa. Semoga masih ada cahaya di ujung jalan ini. Aku terus berharap…….


1 Response to “Orang yang tak berarti….”


  1. 1 widhisetyopratama
    9 December 2007 at 05:59

    cuma perasaanku saja…
    atau mungkin memang ini benar adanya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


December 2007
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

check out my facebook

Image and video hosting by TinyPic Join Us! Purbalingga Blogger Community on Facebook

follow me on twitter

harga blog-ku


My site is worth $78.
How much is yours worth?


%d bloggers like this: